METACOGNITIVE
DEVELOPMENT
1.
Metakognitif
Metakognisi didefinisikan sebagai
" kognisi tentang
kognisi ", atau" mengetahui tentang mengetahui. "Hal ini dapat
mengambil banyak bentuk,. itu termasuk pengetahuan tentang kapan dan bagaimana
menggunakan strategi tertentu untuk belajar atau untuk pemecahan masalah [1] Pada umumnya ada dua
komponen dari metakognisi: pengetahuan tentang kognisi, dan regulasi kognisi.
Metamemory , didefinisikan sebagai
mengetahui tentang memori dan strategi mnemonic, adalah bentuk sangat penting
dari metakognisi. Perbedaan
dalam pengolahan metakognitif lintas budaya belum dipelajari secara luas, tapi
bisa memberikan hasil yang lebih baik di lintas-budaya pembelajaran antara guru
dan siswa.
Metakognisi juga berpikir proses
berpikir sendiri tentang seseorang seperti kemampuan belajar, kemampuan memori,
dan kemampuan untuk memonitor pembelajaran. Konsep
ini perlu secara eksplisit diajarkan bersama dengan instruksi konten. Pengetahuan metakognitif adalah
tentang proses kognitif kita sendiri dan pemahaman kita tentang bagaimana untuk
mengatur proses-proses untuk memaksimalkan pembelajaran. Beberapa jenis pengetahuan
metakognitif akan mencakup: 1. Orang
pengetahuan (knowledge declaritive) yang memahami kemampuan sendiri. 2. Pengetahuan
Tugas (pengetahuan prosedural) yang adalah bagaimana seseorang mempersepsi
kesulitan tugas yang merupakan isi, panjang, dan jenis tugas. 3. Strategi pengetahuan (pengetahuan kondisional) yang
merupakan kemampuan seseorang untuk menggunakan strategi untuk mempelajari
informasi. Anak-anak kecil tidak terlalu pandai dalam hal ini, tidak
sampai SD atas di mana siswa mulai mengembangkan pemahaman tentang strategi
yang akan efektif.
Metakognisi
diklasifikasikan menjadi tiga komponen:
1.
Metakognitif pengetahuan (juga disebut kesadaran metakognitif) adalah apa yang orang
tahu tentang diri mereka sendiri dan orang lain sebagai prosesor kognitif.
2.
Peraturan metakognitif adalah regulasi kognisi dan pengalaman belajar melalui
serangkaian kegiatan yang membantu orang mengendalikan pembelajaran mereka.
3.
Pengalaman metakognitif adalah pengalaman-pengalaman yang ada hubungannya dengan
saat ini, sedang berlangsung upaya kognitif.
Metakognisi mengacu pada tingkat
pemikiran yang melibatkan kontrol aktif selama proses pemikiran yang digunakan
dalam situasi belajar. Perencanaan cara untuk mendekati tugas belajar,
memantau pemahaman, dan mengevaluasi kemajuan terhadap penyelesaian tugas: ini
adalah keterampilan yang metakognitif di alam mereka.
Metakognisi meliputi setidaknya tiga
jenis kesadaran metakognitif ketika mempertimbangkan pengetahuan
metakognitif:
1.
Pengetahuan deklaratif:. Mengacu pada pengetahuan tentang diri sendiri sebagai
pembelajar dan tentang apa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja
seseorang . pengetahuan deklaratif juga dapat disebut sebagai
"pengetahuan dunia"
2.
Pengetahuan Prosedural: mengacu pada pengetahuan tentang melakukan
sesuatu. Jenis pengetahuan ditampilkan sebagai heuristik dan
strategi. Sebuah tingkat tinggi pengetahuan prosedural dapat
memungkinkan individu untuk melakukan tugas-tugas yang lebih otomatis. Hal
ini dicapai melalui berbagai macam strategi yang dapat diakses lebih
efisien.
3.
Pengetahuan Bersyarat: mengacu mengetahui kapan dan mengapa menggunakan pengetahuan
deklaratif dan prosedural. Hal ini memungkinkan siswa untuk
mengalokasikan sumber daya mereka ketika menggunakan strategi. Hal ini
pada gilirannya memungkinkan strategi untuk menjadi lebih efektif.
Serupa
dengan pengetahuan metakognitif, regulasi metakognitif atau "peraturan
kognisi" berisi tiga keterampilan penting yang penting.
1.
Perencanaan: mengacu
pada pilihan yang sesuai strategi dan alokasi sumber daya yang benar yang
mempengaruhi kinerja tugas.
2.
Pemantauan: mengacu pada kesadaran seseorang kinerja pemahaman dan tugas
3.
Mengevaluasi: mengacu menilai produk akhir dari tugas dan efisiensi di
mana tugas dilakukan. Hal ini dapat mencakup kembali mengevaluasi strategi
yang digunakan.
Demikian pula, menjaga motivasi
untuk melihat tugas sampai selesai juga merupakan keterampilan
metakognitif. Kemampuan untuk menyadari mengganggu rangsangan - baik
internal maupun eksternal - dan mempertahankan usaha dari waktu ke waktu juga
melibatkan metakognitif atau fungsi eksekutif . Teori bahwa metakognisi memiliki peran penting untuk
bermain dalam pembelajaran berarti sukses adalah penting bahwa hal itu akan
ditunjukkan oleh para siswa dan guru.
2.
Perbedaan kognitif dengan metakognitif
Strategi kognitif merupakan aktivitas
yang dilakukan dalam menyelesaikan persoalan baik konseptual maupun
kontekstual, sedangkan strategi metakognitif merupakan informasi mengenai
aktivitas atau kemajuan yang dicapai. Strategi kognitif membantu dalam
mencapai tujuan, sedangkan strategi metakognitif memonitor kemajuan yang
dicapai (M. Clarawesti, Kompas 12 Februari 2006). Dengan demikian metakognitif
merupakan landasan bagi strategi kognitif itu sendiri.
Menurut Preisseisen (dalam Paulinna
Panen, dkk, 2001) , metakognisi terdiri atas empat keterampilan yakni problems
solving, decision making, critical thinking,
dan creative thinking. problems solving merupakan
kemampuan individu dalam memecahkan masalah melalui pengumpulan fakta, analisis
informasi, menyusun berbagai alternatif pemecahan, dan memilih pemecahan yang
paling efektif. Untuk menjadi problems solver yang
handal dibutuhkan jam terbang yang tinggi, dan di sini diperlukan
penguasaan metode keilmuan sebagai pisau bedah terhadap masalah yang dihadapi.
Decision making merupakan kemampuan individu
untuk memilih suatu keputusan yang terbaik dari berbagai pilihan yang ada.
Keputusan yang diambil tentunya berdasar pengalaman atau informasi,
pertimbangan etika dan tata nilai, dan disertai alasan-alasan rasional.
Kemampuan dalam decision making dapat menggambarkan tingkat
kematangan dan kebijaksanaan seseorang. Critical thinking merupakan
kemampuan individu untuk berfikir kritis dalam menanggapi suatu konsep,
pendapat, dan kebijakan. Berfikir kritis tentunya mendasarkan pada logika
rasional, dan mampu membaca kesenjangan antara konsep dengan realitas,
antara das solen dengan das seinatau menganalisis
dengan mendasarkan pada sesuatu yang sifatnya given dari Tuhan.
Creative thinking merupakan kemampuan individu untuk
berfikir kreatif atau mencipta dan memodifikasi sesuatu yang baru dengan
mendasarkan pada konsep-konsep, hukum-hukum, logika, dan intuisi yang dimiliki.
Keempat keterampilan tersebut merupakan satu-kesatuan yang terintegrasi,
artinya pada saat seseorang memecahkan masalah maka dengan sendirinya individu
tersebut telah melakukan tindakan pengambilan keputusan berdasarkan nalar
kritisnya dan dikreasi dengan
dirinya.
3. META STRATEGI
"Meta-Strategis
Pengetahuan (MSK) adalah komponen sub-metakognisi yang didefinisikan sebagai
pengetahuan umum tentang strategi berpikir tingkat tinggi." MSK telah
didefinisikan sebagai "pengetahuan umum tentang prosedur kognitif yang
sedang dimanipulasi". Pengetahuan
yang terlibat dalam MSK terdiri dari "membuat generalisasi dan aturan
gambar mengenai strategi berpikir" dan "penamaan" strategi
pemikiran . "Tindakan sadar
penting dari strategi meta-statis adalah" sadar "kesadaran bahwa satu
melakukan bentuk pemikiran tingkat tinggi. MSK adalah kesadaran jenis strategi berpikir yang
digunakan dalam kasus tertentu dan terdiri dari kemampuan berikut: membuat
generalisasi dan menggambar aturan mengenai strategi berpikir, penamaan
strategi berpikir, menjelaskan kapan, mengapa dan bagaimana suatu strategi
berpikir harus digunakan, ketika tidak boleh digunakan, apa kelemahan dari
tidak menggunakan strategi yang tepat, dan apa karakteristik tugas panggilan
untuk penggunaan strategi . MSK berkaitan dengan gambaran yang
lebih luas dari masalah konseptual. Ini
menciptakan aturan untuk menggambarkan dan memahami dunia fisik di sekitar
orang-orang yang memanfaatkan proses ini disebut Higher-order
berpikir . Ini adalah kemampuan individu untuk
membongkar masalah kompleks untuk memahami komponen dalam masalah. Ini adalah blok bangunan untuk
memahami 'gambaran besar' (dari masalah utama) melalui refleksi dan pemecahan
masalah.
Teori
Pikiran: Memahami pikiran dan "metal dunia" Karakteristik Teori
Pikiran: 1. Salah keyakinan -
Memahami bahwa keyakinan adalah hanya salah satu dari banyak dan dapat palsu 2. Penampilan - perbedaan realitas -
Sesuatu mungkin terlihat salah satu cara tetapi mungkin sesuatu yang lain 3. Perspektif mengambil Visual -
Pandangan benda fisik berbeda berdasarkan perspektif 4.Introspeksi - Kesadaran
Anak dan pemahaman pikiran mereka sendiri.
Metode
yang digunakan yaitu Microgenetic, dimana proses perubahan yang diamati langsung
secara berulang-ulang.
4. Peranan Metakognitif
terhadap keberhasilan belajar
Metakognitif
pada dasarnya adalah kemampuan belajar bagaimana seharusnya belajar dilakukan
yang didalamnya dpertimbangkan dan dilakukan akivitas-aktivitas berikut
(Taccasu Project, 2008):
a.
Mengembangkan suatu rencana
kegiatan belajar.
b.
Mengidentifikasi
kelebihan dan kekurangannya berkenaan dengan kegiatan belajar.
c.
Menyusun suatu program
belajar untuk konsep, keterampilan, dan ide-ide baru.
d.
Mengidentifikasi dan
menggunakan pengalamannya sehari-hari sebagai sumber belajar.
e.
Memanfaatkan teknologi
modern sebagai sumber belajar.
f.
Memimpin dan berperan
serta dalam diskusi dan pemecahan masalah kelompok.
g.
Belajar dari dan
bagaimana mengambil manfaat pengalaman orang-orang tertentu yang telah berhasil
dalam bidang tertentu.
h.
Memahami factor-faktor
pendukung keberhasilan belajarnya.
0 komentar:
Posting Komentar