KONSEP DASAR BK BELAJAR
¢
Latar belakang/landasan perlunya bk
v Latar Belakang Filosofis
Humanisme à manusia berpotensi berkembang
optimal
v Latar Belakang Psikologis
manusia bersifat unik
v Latar Belakang Sosial Budaya
membantu pengembangan nilai
v Latar belakang Kemajuan IPTEK
ilmu pengetahuan dan teknologi minat, kesempatan kerja,
sumber belajar
- sistem pemerintahan penanggulangan masalah
demokratisasi
- program pendidikan perencanaan studi dan karir
- industri mengatasi dampak negatif kemajuan industri
v Latar Belakang Religius
Perkembangan ke arah kaidah-kaidah agama
¢ Bimbingan dan Konseling
(Walgito, 2010)
(Walgito, 2010)
¢ Bimbingan adalah pertolongan yang
menuntun (memberi arah) yang berfokus
pada yang dituntun untuk mencapai kesejahteraan hidup (life welfare)
¢ Konseling adalah bantuan yang
diberikan kepada individu untuk memecahkan masalah kehidupannya dengan cara
wawancara dan dengan cara yang sesuai dengan keadaan yang dihadapi individu
untuk mencapai kesejahteraan hidupnya
¢ Konseling adalah salah satu
metode dari bimbingan
¢ Bidang-bidang BK?
¢
BK belajar
¢
BK pribadi
¢
BK karir
¢
BK sosial
¢
BK akhlak mulia (keluarga)
¢ Contoh Kasus
Seorang anak mengalami kesulitan
untuk bergaul dengan teman-temannya.
Seorang anak merasa bimbang
apakah ia harus melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi atau bekerja selepas
SMU
Seorang anak kesulitan memahami
penjelasan yang diberikan oleh guru kelasnya
Seorang anak sering mengamuk di
kelas ketika sedang menghadapi masalah
Seorang anak tidak pernah
mengerjakan PR di sekolahnya
Seorang anak menggunakan narkoba
sebagai dampak permasalahan keluarga yang dihadapinya.
¢ BK Belajar Adalah...
¢ Bimbingan dalam hal menemukan
cara belajar yang tepat, dalam memilih program studi yang sesuai, dan dalam
mengatasi kesukaran-kesukaran yang timbul berkaitan dengan tuntutan-tuntutan belajar
di suatu institusi pendidikan (Winkel
dalam Sukardi, 2008 dan Tohirin, 2007)
¢ Jenis bimbingan yang membantu
para siswa dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah pendidikan (Surya
dalam Tohirin, 2007)
¢
Mengapa perlu bk belajar????
¢ Karena manusia membutuhkan
bantuan orang lain untuk mengetahui & semakin memahami dirinya. (Walgito, 2010)
¢ BK Belajar terdiri atas:
(Sukardi, 2008)
(Sukardi, 2008)
¢ Pemantapan sikap dan kebiasaan
belajar yang efektif dan efisien serta produktif’
¢ Pemantapan sistem belajar dan
berlatih
¢ Pemantapan penguasaan materi
program belajar di sekolah
¢ Pemantapan pemahaman dan
pemanfaatan kondisi fisik, sosial, dan budaya
¢ Orientasi belajar di perguruan
tinggi
¢ BK Belajar terdiri atas:
(Abidin & Budiyono, 2010)
(Abidin & Budiyono, 2010)
¢ Pengenalan individu yang
mengalami masalah belajar
¢ Pengembangan motivasi, sikap,
maupun kebiasaan belajar individu
¢ Pengembangan keterampilan belajar
¢ Pengajaran perbaikan
¢ Program pengayaan
¢ Tujuan BK Belajar
Tohirin, 2007:
¢ Membantu siswa agar mencapai
perkembangan yang optimal
¢ Agar siswa mampu menghadapi dan
memecahkan masalah-masalah belajar
¢ Agar siswa mandiri dalam belajar
Prayitno, dalam Abidin & Budiyono, 2010
¢ Membantu siswa mengembangkan
sikap dan kebiasaan belajar yang baik, keterampilan belajar yang sesuai dengan
tingkat kecepatan, kesulitan belajar, potensi, dan perkembangan diri individu
¢ Bedanya BK Belajar dengan
nasihat, dll
¢ Nasihat, dll à nonscientific approach
pseudoscientific approach
mystical explanation
¢ BK Belajar scientific
approach
à punya
format/aturan tertentu langkah-langkah
0 komentar:
Posting Komentar