Kamis, 11 Juli 2013

KONSEP DASAR BK BELAJAR


KONSEP DASAR BK BELAJAR


¢ Latar belakang/landasan perlunya bk
v Latar Belakang Filosofis
       Humanisme à manusia berpotensi berkembang optimal
v Latar Belakang Psikologis
       manusia bersifat unik

v Latar Belakang Sosial Budaya
       membantu pengembangan nilai
v Latar belakang Kemajuan IPTEK
       ilmu pengetahuan dan teknologi  minat, kesempatan kerja, sumber belajar
       - sistem pemerintahan  penanggulangan masalah demokratisasi
       - program pendidikan  perencanaan studi dan karir
       - industri  mengatasi dampak negatif kemajuan industri
v Latar Belakang Religius
       Perkembangan ke arah kaidah-kaidah agama
¢ Bimbingan dan Konseling
(Walgito, 2010)
¢ Bimbingan adalah pertolongan yang menuntun (memberi arah)  yang berfokus pada yang dituntun untuk mencapai kesejahteraan hidup (life welfare)
¢ Konseling adalah bantuan yang diberikan kepada individu untuk memecahkan masalah kehidupannya dengan cara wawancara dan dengan cara yang sesuai dengan keadaan yang dihadapi individu untuk mencapai kesejahteraan hidupnya
¢ Konseling adalah salah satu metode dari bimbingan

¢ Bidang-bidang BK?
¢ BK belajar
¢ BK pribadi
¢ BK karir
¢ BK sosial
¢ BK akhlak mulia (keluarga)

¢ Contoh Kasus
    Seorang anak mengalami kesulitan untuk bergaul dengan teman-temannya.
    Seorang anak merasa bimbang apakah ia harus melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi atau bekerja selepas SMU
    Seorang anak kesulitan memahami penjelasan yang diberikan oleh guru kelasnya
    Seorang anak sering mengamuk di kelas ketika sedang menghadapi masalah
    Seorang anak tidak pernah mengerjakan PR di sekolahnya
    Seorang anak menggunakan narkoba sebagai dampak permasalahan keluarga yang dihadapinya.
¢ BK Belajar Adalah...
¢ Bimbingan dalam hal menemukan cara belajar yang tepat, dalam memilih program studi yang sesuai, dan dalam mengatasi kesukaran-kesukaran yang timbul berkaitan dengan tuntutan-tuntutan belajar di suatu institusi pendidikan  (Winkel dalam Sukardi, 2008 dan Tohirin, 2007)
¢ Jenis bimbingan yang membantu para siswa dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah pendidikan (Surya dalam Tohirin, 2007)
¢ Mengapa perlu bk belajar????
¢ Karena manusia membutuhkan bantuan orang lain untuk mengetahui & semakin memahami dirinya. (Walgito, 2010)

¢ BK Belajar terdiri atas:
 (Sukardi, 2008)
¢ Pemantapan sikap dan kebiasaan belajar yang efektif dan efisien serta produktif’
¢ Pemantapan sistem belajar dan berlatih
¢ Pemantapan penguasaan materi program belajar di sekolah
¢ Pemantapan pemahaman dan pemanfaatan kondisi fisik, sosial, dan budaya
¢ Orientasi belajar di perguruan tinggi
¢ BK Belajar terdiri atas:
 (Abidin & Budiyono, 2010)
¢ Pengenalan individu yang mengalami masalah belajar
¢ Pengembangan motivasi, sikap, maupun kebiasaan belajar individu
¢ Pengembangan keterampilan belajar
¢ Pengajaran perbaikan
¢ Program pengayaan
¢ Tujuan BK Belajar
Tohirin, 2007:
¢ Membantu siswa agar mencapai perkembangan yang optimal
¢ Agar siswa mampu menghadapi dan memecahkan masalah-masalah belajar
¢ Agar siswa mandiri dalam belajar
Prayitno, dalam Abidin & Budiyono, 2010
¢ Membantu siswa mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, keterampilan belajar yang sesuai dengan tingkat kecepatan, kesulitan belajar, potensi, dan perkembangan diri individu


¢ Bedanya BK Belajar dengan nasihat, dll
¢ Nasihat, dll à nonscientific approach
                         pseudoscientific approach
                         mystical explanation
¢ BK Belajar  scientific approach
     à  punya format/aturan tertentu  langkah-langkah


0 komentar: