SATUAN
KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SEKOLAH
MENENGAH ATAS (SMA)
No Kegiatan
|
01
|
Nama Kegiatan
|
Johari Window
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi & Sosial
|
Standar Kompetensi
|
Kematangan Hubungan dengan Teman
Sebaya
|
Tujuan
|
a.
Siswa mempelajari norma-norma
pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya.
b.
Siswa mampu menyadari keragaman
latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan.
c.
Siswa mampu bekerjasama dengan
teman sebaya yang beragam latar belakangnya.
|
Topik / Materi
|
Perkelahian antar pelajar/tawuran
|
Kelas/Waktu/Semester
|
VII,VIII,IX/3 x 40 menit/Ganjil
|
Strategi Layanan / Teknik
|
Bimbingan kelompok, diskusi, Tanya
jawab, dan permainan.
|
Media / Alat yang Digunakan
|
Kertas, Alat tulis.
|
Prosedur
/ Langkah-langkah
|
|
1. Tahap Awal
|
1)
Konselor menciptakan suasana
interaksi yang kondusif untuk mencapai tujuan bimbingan kelompok.
2)
Konselor bersama siswa
mengembangkan komitmen agar proses bimbingan dapat terselenggara dengan baik.
3)
Perkenalan tiap siswa.
4)
Penjelasan kegiatan yang akan
dilakukan.
|
2. Tahap Transisi / Peralihan
|
1)
Konselor mencairkan Suasana dan
memantapkan kesiapan siswa untuk memasuki permainan.
2)
Konselor membagi siswa-siswa
kedalam kelompok-kelompok dengan acak yaitu dengan cara menghitung angka dan
mengelompokkan siswa ke dalam kelompok yang memiliki angka yang seragam.
3)
Konselor menjelaskan aturan
permainan Johari Window, yakni peserta diminta untuk menuliskan Sifat dirinya
dan teman-teman sekelompoknya secara rahasia di dalam kertas yang akan di
bagikan konselor.
4)
Konselor membagikan kertas-kertas
berwarna agar lebih menarik sesuai jumlah kelompok, misalkan jumlah kelompok
ada 7 orang, maka tiap orangnya mendapat 7 kertas.
5)
Setelah semua siswa selesai
menulis perintah yang dimaksud, maka konselor mengarahkan agar kertas
tersebut diberikan kepada teman yang dinilai sifatnya.
6)
Konselor meminta semua siswa
untuk membaca kertas yang diterimanya masing-masing hingga semua terbaca.
7)
Konselor memberikan isyarat bahwa
permainan Johari Window akan segera mulai ke kegiatan inti.
|
3. Tahap Kerja
a.
Eksperimentasi
b.
Identifikasi
c.
Analisa
d.
Generalisasi
|
·
Konselor mengarahkan siswa untuk
menunjuk perwakilan siswa dari tiap kelompok untuk mempresentasikan dan
menilai sifat-sifatnya yang terdapat di kertas.
Ø Apa
yang anda rasakan ketika anda melakukan permainan Johari Window ?
Ø Apakah
anda mengalami kesulitan saat anda menuliskan sifat-sifat temanmu ?
Ø Bagaimana
perasaan anda ketika selesai membaca sifat-sifat anda yang di tulis teman
anda ?
Ø Bagaimana
perasaan anda saat teman anda membaca penilaian anda mengenai sifat mereka ?
o
Apakah hasil dari kegiatan
tersebut dapat menumbuhkan pemahaman baru bagi anda ?
o
Pemahaman apa yang anda temukan ?
o
Apa makna pengalaman dari kegiatan
ini ?
§ Apa
rencana anda setelah mengetahui bagaimana perbedaan sifat anda dengan
teman-teman anda ?
§ Langkah
apa yang anda tempuh untuk melatih diri anda lebih toleran dengan perbedaan
sifat ?
|
4. Tahap Penutup / Terminasi
a)
Refleksi Umum
b)
Tindak Lanjut
|
v Coba
sebutkan langkah-langkah untuk dapat menghargai perbedaan sifat ?
v Apa
yang anda lakukan untuk menghindari perkelahian antar pelajar karena
perbedaan sifat ?
ü Kapan
anda akan belajar merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari ?
ü Konselor
menyimpulkan makna permainan Johari Window dengan masalah perkelahian antar
pelajar.
|
5. Evaluasi
|
1.
Konselor mengamati antusias,
respon, dan aktifitas siswa selama kegiatan berlangsung.
2.
Konselor memberikan pertanyaan
lisan secara acak untuk mengetahui pemahaman, perasaan atau sikap dan
komitmen siswa setelah mengikuti kegiatan layanan.
3.
Kegiatan ini dapat untuk
mengungkap secara lebih dalam tentang sifat atau karakter siswa.
4.
Setiap siswa dapat mengenal dan
memahami keanekaragaman sifat atau karakter orang khususnya dalam pergaulan.
|
Yogyakarta,
Mengetahui :
Koordinator BK SMA 4
Yogyakarta Mahasiswa
Faila Suffah, S. Pd
Fariht Hanna Annisa
0 komentar:
Posting Komentar