Rabu, 04 September 2013

SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)


SATUAN KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)


No Kegiatan
01
Nama Kegiatan
Johari Window
Bidang Bimbingan
Pribadi & Sosial
Standar Kompetensi
Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya
Tujuan
a.       Siswa mempelajari norma-norma pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya.
b.      Siswa mampu menyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan.
c.       Siswa mampu bekerjasama dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya.
Topik / Materi
Perkelahian antar pelajar/tawuran
Kelas/Waktu/Semester
VII,VIII,IX/3 x 40 menit/Ganjil
Strategi Layanan / Teknik
Bimbingan kelompok, diskusi, Tanya jawab, dan permainan.
Media / Alat yang Digunakan
Kertas, Alat tulis.
Prosedur / Langkah-langkah
1. Tahap Awal
1)      Konselor menciptakan suasana interaksi yang kondusif untuk mencapai tujuan bimbingan kelompok.
2)      Konselor bersama siswa mengembangkan komitmen agar proses bimbingan dapat terselenggara dengan baik.
3)      Perkenalan tiap siswa.
4)      Penjelasan kegiatan yang akan dilakukan.
2. Tahap Transisi / Peralihan
1)      Konselor mencairkan Suasana dan memantapkan kesiapan siswa untuk memasuki permainan.
2)      Konselor membagi siswa-siswa kedalam kelompok-kelompok dengan acak yaitu dengan cara menghitung angka dan mengelompokkan siswa ke dalam kelompok yang memiliki angka yang seragam.
3)      Konselor menjelaskan aturan permainan Johari Window, yakni peserta diminta untuk menuliskan Sifat dirinya dan teman-teman sekelompoknya secara rahasia di dalam kertas yang akan di bagikan konselor.
4)      Konselor membagikan kertas-kertas berwarna agar lebih menarik sesuai jumlah kelompok, misalkan jumlah kelompok ada 7 orang, maka tiap orangnya mendapat 7 kertas.
5)      Setelah semua siswa selesai menulis perintah yang dimaksud, maka konselor mengarahkan agar kertas tersebut diberikan kepada teman yang dinilai sifatnya.
6)      Konselor meminta semua siswa untuk membaca kertas yang diterimanya masing-masing hingga semua terbaca.
7)      Konselor memberikan isyarat bahwa permainan Johari Window akan segera mulai ke kegiatan inti.
3. Tahap Kerja
a.       Eksperimentasi



b.      Identifikasi








c.       Analisa




d.      Generalisasi

·        Konselor mengarahkan siswa untuk menunjuk perwakilan siswa dari tiap kelompok untuk mempresentasikan dan menilai sifat-sifatnya yang terdapat di kertas.
Ø  Apa yang anda rasakan ketika anda melakukan permainan Johari Window ?
Ø  Apakah anda mengalami kesulitan saat anda menuliskan sifat-sifat temanmu ?
Ø  Bagaimana perasaan anda ketika selesai membaca sifat-sifat anda yang di tulis teman anda ?
Ø  Bagaimana perasaan anda saat teman anda membaca penilaian anda mengenai sifat mereka ?

o   Apakah hasil dari kegiatan tersebut dapat menumbuhkan pemahaman baru bagi anda ?
o   Pemahaman apa yang anda temukan ?
o   Apa makna pengalaman dari kegiatan ini ?

§  Apa rencana anda setelah mengetahui bagaimana perbedaan sifat anda dengan teman-teman anda ?
§  Langkah apa yang anda tempuh untuk melatih diri anda lebih toleran dengan perbedaan sifat ?
4. Tahap Penutup / Terminasi
a)      Refleksi Umum



b)      Tindak Lanjut

v  Coba sebutkan langkah-langkah untuk dapat menghargai perbedaan sifat ?
v  Apa yang anda lakukan untuk menghindari perkelahian antar pelajar karena perbedaan sifat ?
ü  Kapan anda akan belajar merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari ?
ü  Konselor menyimpulkan makna permainan Johari Window dengan masalah perkelahian antar pelajar.

5. Evaluasi
1.      Konselor mengamati antusias, respon, dan aktifitas siswa selama kegiatan berlangsung.
2.      Konselor memberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mengetahui pemahaman, perasaan atau sikap dan komitmen siswa setelah mengikuti kegiatan layanan.
3.      Kegiatan ini dapat untuk mengungkap secara lebih dalam tentang sifat atau karakter siswa.
4.      Setiap siswa dapat mengenal dan memahami keanekaragaman sifat atau karakter orang khususnya dalam pergaulan.

                                                                               Yogyakarta,   
Mengetahui :
Koordinator BK SMA 4 Yogyakarta                                                    Mahasiswa


Faila Suffah, S. Pd                                                                          Fariht Hanna Annisa

0 komentar: